Dirilis! Story of the Brave Harold V 1.1

Setelah dua tahun sejak dirilis pertama kali sebagai RTP Challenge yang digelar di Grup Facebook, dan satu tahun (?) mengalami modifikasi dan perbaikan, akhirnya game lama aku dan temenku akhirnya rilis Versi 1.1! Apa yang baru? Langsung saja kita bahas disini, teman-teman!

Sebelum ke topik, silahkan download versi terbarunya disini: Terabox. Lalu unzip file-nya, dan mainkan!

First of all, title screen yang baru! Jika versi sebelumnya menggunakan title screen default di RPG Maker MV, maka di versi ini, title screennya berubah drastis. Berkat plugin Title Screen dari Moghunter, aku bisa memodifikasi tampilan title screen hingga kayak gini. Aku ngubah layout command menjadi horizontal alih-alih vertikal. Sebagai tambahan, aku ganti tampilan logo yang baru biar lebih keren. Berikut ini tampilan baru title screen di versi 1.1. Check it out!

Mengupas Update terbaru Game RPG Maker MV Story of the Brave Harold versi 1.1.
Tampilan anyar dari Title Screen Story of The Brave Harold Versi 1.1.

Untuk gameplay-nya, enggak ada yang berubah. Kecuali dari aksi kejar batu di area kedua lantai 1, dimana setiap kali batunya melindas kamu, elu bakal kena damage yang agak besar. Dan jika HP kamu sampai nol, ya udah game over. Tujuannya agar pemain lebih cepat dan lebih berhati-hati dalam mengambil arah yang benar agar bisa lolos dari kejaran batu besar.

Selain itu, aku bikin revisi dari buku Daftar Jurus mulai dari nama jurus yang gw rasa kurang sip dan belum sempat aku koreksi sejak perilisan versi 1.0, aku modifikasi nama dan deskripsinya biar agak sip. Lalu stats yang dibutuhkan juga gw rombak supaya bisa dipelajari lebih awal. Mungkin kalau ada revisi lagi entah karena skill-nya terlalu OP, ada yang salah dari buku skill, atau dapat skill-nya terlalu awal, bisa diusulkan di kolom komentar.

Aku juga melakukan perombakan di message box, save/load screen, dan juga menu. Gw menyulap menu-nya dengan menggunakan plugin Alt Menu Screen: Icon Cycle buatan SumRndmDde, mengatur tampilan message box dengan menggunakan plugin Message Core dari Yanfly, dan mengubah tampilan save menu dengan menggunakan TSR_Save Screen Plugin dari The Northern Frog. Aku melakukannya karena aku ingin agar tampilannya untuk mobile jadi lebih sip dan lebih enak di mata pas dimainin di Smartphone nantinya. Soalnya, gw juga nambahin plugin Virtual Button punyanya Aloe Guvner. Kan kalau enggak diubah, bisa ngaruh ke tampilan gitu. Bayangin aja, face yang terletak di sebelah kiri message box jadi ketimpa ama D-Pad. Jadinya bakal enggak enak dilihat. Lalu di save scene, aku udah nyoba nge-load dan nge-save data game pake Virtual Button. Bukannya cursor yang bergerak, malah file yang kepilih. Dengan ngubah tampilan Save/Load Scene, kita bisa bebas gerakin kursor dan memilih file yang ingin disimpan. Berikut ini tampilan scene save/load saat diubah.

Tampiolan Save Scene di versi yang baru.

Bicara soal mobile, aku sebenarnya mau bikin versi mobile-nya sekalian. aku nyoba teknik yang aku pelajari di internet untuk export game gw ke Android. Cuma, semuanya gagal gitu. Akhirnya aku putuskan aja untuk bikin versi PC-nya. Aku minta tolong kalau ada yang berhasil eksport game MV ke Android dengan sempurna bisa bantu aku export game-ku ke Android biar bisa dimainin di Hape.

Ada lagi nich satu perombakan penting dalam kenyamanan pemain. Yaitu penggunaan pil merah dan biru. Di versi sebelumnya pemain harus bolak-balik buka Menu, lalu pilih ‘Item’, lalu pilih Pil Ajaib Merah atau Biru. Setelah pilnya dipake, pemain harus buka menu lagi, lalu pilih ‘Item’ lagi, kemudian pilih pil lagi. Kan repot kalau mau ngabisin. Selain itu, kalau mau ngeliat jumlah stats sekarang kan harus Buka Menu, lalu pilih ‘Status’. Nah, aku rombak tuh Common Event yang Pil Ajaib itu biar bisa dipakai lagi tanpa harus buka menu lalu pilih item dan juga bisa ngeliat Jumlah stats dan sisa pil ajaib yang dimiliki.

Sekarang, pemain bisa melihat jumlah pil yang tersisa dan juga jumlah stats saat ini saat mau upgrade stats dengan Pil-pil Ajaib mereka. Seharusnya yang bener itu 'Pil Ajaib Merah' sih! Hehehe :p
Sekarang, pemain bisa melihat jumlah pil yang tersisa dan juga jumlah stats saat ini saat mau upgrade stats dengan Pil-pil Ajaib mereka. Seharusnya yang bener itu ‘Pil Ajaib Merah’ sih! Hehehe :p

Sekian, selamat menikmati game Story of the Brave Harold Versi 1.1. Kalau ada bug atau revisi bisa disampaikan di kolom komentar. Oke wes, sugeng dalu.

Penulis: cakragamedev

Jihad Bagas Cakra merupakan empunya Cakra Game Dev. Pekerjaannya selain bikin game adalah ngeblog. Sekarang sedang fokus untuk mengubah setiap blog menjadi mesin pengumpul duit.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai